Definisi
Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata “multi”
artinya banyak, dan “media” sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau
membawakan sesuatu. Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa
media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk
text, audio, animasi dan vide. Multimedia dapat diartikan penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna
dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
1. Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi
dari komputer dan video
2. McComick, 1996 : Multimedia adalah
Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
3. Turban dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia
adalah Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini
dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
4. Robin dan Linda, 2001 : Multimedia adalah
Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang
mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video
5. Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah
gabungan dari seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media
diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung dari
kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang dimaksud
dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas datanya tergantung
dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan video.
6. Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah
beberapa kombinasi dari teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda
melalui komputer atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
7. Kombinasi dari paling sedikit dua media
input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video,
teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002)
8. Multimedia dalam konteks komputer menurut
Hofstetter (2001) adalah: pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan
teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai
berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
9. Multimedia sebagai perpaduan antara
teks, grafik, sound, animasi, dan video untuk menyampaikan pesan
kepada publik (Wahono, 2007)
10. Multimedia merupakan media elektronik
untuk menyimpan dan menampilkan data-data multimedia kombinasi dari data text,
audio, gambar, animasi, video, dan interaksi (Zeembry, 2008)
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut
maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan perpaduan antara
berbagai media (format file) yang berupa teks, gambar (vektor atau
bitmap), grafik, sound, animasi, video, interaksi, dll. yang telah
dikemas menjadi file digital (komputerisasi), digunakan untuk
menyampaikan pesan kepada publik.
Sejarah
multimedia
Istilah multimedia berawal dari teater, bukan computer.
Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut
pertunjukan multimedia. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan
diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada tahun 1987 dan pengumuman oleh IBM
pada tahun 1989 mengenai perangkat lunak audio visual connection(AVC) dan video
adhapter card ps/2. Pada tahun 1994 diperkerkirakan ada lebih dari 700 produk
dan sistem multimedia dipasaran. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk
mendapatkan output dalam bentuk yang jauh lebih kaya dari pada media table dan
grafik konvensional. pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video
bergerak atau animasi dan mendengar suara stereo, perekaman suara atau alat
musik. Beberapa sistem multimedia bersifat interaktif, memungkinkan pemakai
memilih output dengan mouse atau kemampuan layar sentuh untuk mendapatkan dan
menjalankan aplikasi itu.
Manfaat
multimedia
Multimedia memiliki manfaat yang beragam,
seperti penggunaan dibawah ini :
·
Industri
Kreatif :Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai
keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, untuk seni komersial,
·
Komersial :Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga
perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh
tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan
dalam bentuk presentasi multimedia
·
Hiburan
dan seni rupa :Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan
dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film
dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan
program perangkat lunak yang telah tersedia baik terdistribusi dalam CD-ROM
atau online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif,
bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.
·
Pendidikan :Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk
memproduksi pelatihan berbasis computer dan buku referensi seperti ensiklopedia
dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi,
teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format
informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan
menggabungkan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia.
·
Teknik :Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam
menciptakan Simulasi Komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan seperti
pelatihan militer atau industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang
sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreatifitas dan perangkat
lunak
·
Perindustrian :Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara
untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja dan
atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan,
periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui
web berbasis teknologi.
·
Matematika
dan penelitian ilmiah :Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia
dipakai terutama untuk modelling dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan bisa
melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk
tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan di jurnal
seperti Journal of Multimedia.
·
Kesehatan :Dalam Pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat
virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang
terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri dan kemudian mengembangkan
teknik untuk mencegahnya.
·
Gambar
Dokumen :Pengambil foto copy / dokumen dan mengkonversi ke
dalam format digital.
Elemen Multimedia
Teknologi
multimedia mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 80-an dan telah membuka
dimensi baru dalam Teknologi Informasi. Teknologi multimedia telah membawa satu
perubahan drastis pada industri media karena kemampuannya menyatukan kelebihan
televisi sebagai alat audio visual dan kekuatan teknologi mesin cetak dan
kemampuan teknologi interaktif komputer.
Terdapat 5 elemen multimedia penting
yang mendasar pada yaitu:
1.
Teks
2.
Grafis
3.
Audio
4.
Video
5.
Animasi
·
Teks – Merupakan elemen dasar untuk
menyampaikan informasi. Memiliki berbagai jenis dan bentuk tulisan yang bisa
memberi daya tarik dan penyampaian informasi. Memberi penekanan untuk sesuatu
materi yang ingin disampaikan.
·
Grafis – Merupakan elemen paling penting,
memberikan penekanan secara visual terhadap sesuatu presentasi
maklumat.Membantu menyampaikan informasi dengan lebih berkesan.Menjadikan
presentasi atau penyampaian informasi dengan lebih menarik.
·
Audio – Membantu menyampaikan informasi
dengan lebih efektif (misalnya: penggunaan suara latar atau kesan audio
khusus). Membantu meningkatkan daya tarik terhadap sesuatu tayangan.Membantu
meningkatkan daya tarik terhadap isi yang di presentasikan.
·
Video – Menyediakan metode penyaluran
informasi yang amat menarik dan hidup.Merupakan elemen atau media yang sangat
dinamis dan efektif dalam menyampaikan informasi.
·
Animasi – Berperan sebagai penarik pada
sebuah presentasi dan sangat membantu dalam menjelaskan suatu konsep yang kompleks
dengan mudah.
Produk Multimedia
Perbezaan
jenis-jenis multimedia produk
Produk multimedia terdapat dalam pelbagai bentuk dan rupa.
Terdapat dua perspektif utama yang perlu dititikberatkan oleh pembangun produk
di
dalam
usaha untuk membangunkan produk multimedia yang baik iaitu :
* Pembangun Produk
Perspektif
pembangun berdasarkan kepada cara persembahan teknologi untuk
mencipta
satu produk yang sangat berguna, berfaedah dan menguntungkan.
* Pengguna Akhir
Perspektif
pengguna akhir pula ialah berdasarkan kepada keperluannya terhadap
produk
tersebut dan keupayaannya untuk membuat penilaian terhadap kegunaan,
kebaikan
dan kos produk.
Jenis-jenis produk multimedia diklasifikasikan mengikut siapa bakal pengguna kepada
produk
tersebut.
Secara realitinya, terdapat banyak kegunaan di dalam produk multimedia yang
akan
digunakan
oleh peringkat pengguna yang berbeza.
Walau
bagaimana pun, jenis-jenis produk multimedia boleh dikategorikan:
# Briefing
# Reference
# Database
# Education & Training
# Kiosk
# Entertainment & Games
Tool Pada Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video
dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan
navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan
dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia
game. Berikut ini adalah beberapa tools multimedia sebagai berikut :
·
Macromedia Dreamweaver
Sebuah HTML editor profesional untuk
mendesain secara visual dan mengelola situs web maupun halaman web. Bilamana
kita menyukai untuk berurusan dengan kode-kode HTML secara manual atau lebih
menyukai bekerja dengan lingkungan secara visual dalam melakukan editing,
Dreamweaver mambuatnya menjadi lebih mudah dengan menyediakan tool-tool yang
sangat berguna dalam peningkatan kemampuan dan pengalaman kita dalam mendesain
web.
·
Windows Movie Maker
Salah satu software bawaan microsoft
windows xp yang diberikan secara cuma-cuma alias gratis (meski barang gratisan,
applikasi ini bisa digunakan untuk menciptakan sebuah film dengan sangat baik)
yang mempunyai kegunaan untuk capture video dan membuat atau merancang sebuah
alur video. Meskipun fasilitas yang dimiliki oleh Windows Movie Maker ini masih
terbatas bila dibandingkan dengan software pengolah video lainnya seperti adobe
premiere, pinacle, vegas video.
·
Adobe Photoshop
Perangkat lunak editor citra buatan Adobe
Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek.
Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan
iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat
lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk
terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems.
·
Corell Draw
Sebuah program komputer untuk melakukan
editing pada garis vektor. Progam ini diproduksi oleh Corel, yaitu sebuah
perusahaan software yang pusat pengembangannya berada di Ottawa, sebuah nama kota
di negara Kanada. Karena kegunaan corel draw sebagai alat untuk pengolahan
gambar, maka program ini sering digunakan untuk menyelesaikan perkerjan di
bidang publikasi atau percetakan maupun bidang yang lain yang butuh proses
visualisasi.
·
Autocad
Sebuah program yang biasa digunakan dalam
pembentukan model serta lakaran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali
sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Perisian ini boleh
digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang
memerlukan kepakaran seperti bidang kejuruteraan Mekanikal, Awam, Senibina,
Rekabentuk Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD.
0 Response to "Multimedia"
Posting Komentar