Motion Graphic


Motion Graphic

Motion Graphic merupakan bentuk pengembangan dari desain grafis. Konteksnya adalah infografis yang didisain bergerak seperti yang ada pada media audio visual berupa film, video & animasi komputer. Kata infographic pada bahasa Inggris berasal dari penggabungan dari 2 kata, yaitu information + graphic. Infographic/Infografis adalah teknik menyajikan informasi secara visual/grafis, sehingga mudah dipahami oleh pembaca. Dan secara umum Motion Graphic adalah bagian dari digital rekaman atau animasi yang menciptakan ilusi dari gerak atau rotasi, dan biasanya dikombinasikan dengan audio yang untuk digunakan dalam multimedia proyek.
Text ataupun tipografi dan grafis termasuk dalam motion grafis yang bisa dilihat dalam titles untuk film, opening program televisi, bumper dan elemen-elemen grafis yang muncul di layar kaca. Kemudian web-based animation, channel id berupa logo 3 dimensi yang merupakan identitas sebuah stasiun televisi. Juga bagian-bagian di dalam iklan televisi.

Fungsi Motion Graphic untuk video animasi adalah menjadikannya tidak terlalu sulit, karena sudah ada software pendukungnya yang dapat menggabungkan foto, video, serta suara. Dan video animasi dapat digunakan sebagai bisnis, karena dapat menjelaskan produk dengan baik.

Motion graphic dapat digunakan ke dalam berbagai macam video, mulai dari video profil perusahaan hingga video testimoni. Motion graphic dapat membantu penonton untuk memahami statistik yang sulit dijelaskan dalam kata-kata. Selain hal tersebut, lalu apa saja manfaat dari Motion Graphics hingga banyak pembuat konten selalu menggunakannya?
  • Alat Bantu Visual

Motion Graphics membantu penonton untuk menggambarkan isi videomu, terlebih jika isi videomu berisi data statistik, angka-angka, sederet fakta. Biasanya penonton tidak akan melanjutkan menonton video saat videonya susah dipahami dan tidak memiliki daya tarik. Apakah kamu juga ingin mengalami hal pahit ini?
Saat penonton tidak berhenti melihat videomu maka isi dan pesan video dapat diterima secara utuh. Bahkan motion graphics juga bisa kok dikombinasikan dengan video testimoni, dll.
  • Hemat Waktu

Dengan motion graphics maka juga mempercepat waktu penonton untuk memahami isi video. Sebagai contoh jika menggunakan video real bisa saja penjelasan produkmu membutuhkan waktu 5 menit, namun saat menggunakan motion graphics, bisa saja hanya perlu 2 menit. Dengan durasi yang lebih singkat dan mengena, ini juga mempermudah penonton untuk mengambil keputusan.
Pesan Tersampaikan & Dipahami Secara Lebih Utuh
Penonton dapat memahami 95% lebih informasi yang diterima saat melihat video. Saat penonton mendapatkan visual yang berbeda mulai dari tampilan grafik dan tulisan yang mudah dipahami, maka akan lebih memfokuskan pada video. Nah, jika kamu ingin menyebar luaskan informasi tentang usahamu dengan cara yang menarik dan efisien maka motion graphics adalah jawabannya.
  • Informasi Menjadi Lebih Berkesan

Bukan hanya terjadi sekali atau dua kali saja, saat kamu memiliki banyak data yang ingin disampaikan maka durasi video pun akan semakin panjang. Padahal semakin panjang video juga berpengaruh ke jumlah orang mau menonton video tersebut hingga selesai.
Dengan menggunakan motion graphics maka jumlah data yang banyak tersebut dapat dipadatkan sesuai dengan kebutuhan. Data-data yang terkesan membosankan bisa menjadi menarik dan mudah dipahami.

Adapun kelebihan dan kekurangan Motion Graphic, yaitu :
Kelebihan :
  • Gambar objek lebih fleksibel dan terlihat seperti nyata.
  • Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat.
  • Penggunaan animasi dan efek spesial digital ternyata mampu menekan biaya produksi hingga menjadi lebih murah dibandingkan penggunaan efek spesial yang manual.

Kekurangan :
  • Harus menggunakan peralatan dan spesifikasi komputer yang canggih untuk dapat menghasilkan animasi yang bagus.
  • Output rendering yang agak lama jika ukuran memori data terlalu besar.
  • Banyak menggunakan software untuk beberapa efek animasi tertentu.


Related Posts:

0 Response to "Motion Graphic"

Posting Komentar